Mau Lolos Uji Emisi? Kuncinya Adalah Seperti Ini

Posted on

Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta telah menggelar uji emisi gratis di sejumlah wilayah sejak kemarin (6/1). Pelayanan uji emisi ini dapat dimanfaatkan oleh pemilik kendaraan bermotor.

Rencananya, uji emisi gratis sesudah itu digelar terhadap 13 Januari di depan Gedung CNI, Jakarta Barat. Setelah itu di Waduk Pluit, Jakarta Utara, terhadap 18 Januari dan 21 Januari di Jl. Medan Merdeka Selatan.

Perlu diketahui, kepolisian dapat memberikan sanksi tilang terhadap pemilik kendaraan bermotor yang tidak melakukan kewajiban melakukan uji emisi gas buang dan tidak mencukupi ambang batas emisi.

Bagi pemilik kendaraan yang telah berumur lebih dari 3 tahun, menurut Bebin Juana selaku pengamat otomotif di Indonesia, terkandung 2 langkah perlu yang harus dijalankan sebelum akan uji emisi.

Pelihara Kendaraan

“Untuk saat ini, masyarakat yang tidak telaten memelihara kendaraan, segera servis. Kalau mesin bersih, kerjanya lebih optimal dengan harapan emisinya baik,” terangnya saat dihubungi redaksi Otosia.

“Upayakan pakai bahan bakar di atas oktan 90. Harapannya, pembakaran sempurna terhitung dapat memperbaiki emisi gas buang. Semoga mesin tetap dapat tertolong dan lulus uji emisi,” pungkas Bebin.