4 Tips Memilih Sepatu Roda yang Tepat

Posted on

Ketika membeli sesuatu, pastinya anda akan mempertimbangkan beberapa hal terlebih dahulu. Hal ini penting dilakukan agar nantinya tidak kecewa atas produk yang dibeli. Ini berlaku ketika anda hendak membeli sepatu roda. Membeli sepatu roda tidak sembarangan. Anda perlu melihat langsung sepatu roda tersebut agar pas di kaki. Anda bahkan harus lebih jeli ketika membelinya secara online. Agar tidak salah langkah, berikut ini ada tips memilih sepatu roda yang tepat agar anda puas dan sesuai.

4 Tips Memilih Sepatu Roda yang Tepat

  1. Tentukan jenisnya

Sebelum anda membeli sepatu roda, pertimbangkan terlebih dahulu jenis sepatu roda yang akan dipilih. Setiap jenis sepatu memiliki fungsi dan tujuan yang berbeda. Jika anda menggunakan sepatu roda untuk berolahraga atau berjalan-jalan, maka jenis yang disarankan adalah sepatu roda multipurpose. Sepatu Slalom cocok bagi anda yang gemar melakukan trik zig-zag. Jika anda ingin meluncur dengan lebih cepat, pilihlah sepatu roda jenis agresif yang mampu mendukung aktivitas anda tersebut.

  1. Perhatikan fitur dan komponennya

Saat memilih sepatu roda, hal yang perlu anda lakukan adalah memerhatikan fitur serta komponen sepatu. Apa material, ukuran roda, durabilitas, nilai ABEC dan lain sebagainya. Dengan memerhatikan hal-hal tersebut, anda bisa tahu jenis sepatu mana yang tepat. Tingkat kekerasan roda pun bisa memengaruhi kenyamanan anda dan ketahanan sepatu. Roda yang lunak akan cocok untuk  digunakan pada permukaan yang kasar tetapi tidak awet. Dan roda yang keras cocok digunakan pada permukaan jalan yang halus. Perlu diingat, semakin tinggi nilai ABEC roda, maka semakin baik kemampuan roda ketika berbelok.

Body skate sepatu roda juga perlu dilihat dengan cermat. Untuk mendapatkan perlindungan maksimal ketika bermain, pilihlah bagian atas skate yang bertekstur keras. Namun untuk mendapatkan hasil yang memuaskan, tetaplah pilih body skate yang berbahan lembut, ringan dan pastinya aman. Dengan pilihan kedua, anda bisa mendapatkan pengalaman memakai sepatu roda yang aman dan nyaman.

  1. Pilih ukuran yang tepat

Jangan sampai salah pilih ukuran sepatu. Jika tidak, anda akan kecewa. Pilihlah ukuran sepatu yang tepat dan pas dengan ukuran kaki anda. Hal ini bertujuan agar anda merasakan kenyamanan saat bermain sepatu roda. Ukuran sepatu roda yang tepat juga akan membuat anda lebih mudah dalam melakukan manuver dan menghindari risiko terjadinya kecelakaan.

  1. Cek kondisi sepatu

Ketika anda sudah memilih sepatu roda yang tepat, maka pakailah untuk bermain sepatu roda. Namun sebelum bermain, anda juga perlu memerhatikan beberapa hal penting. Salah satunya adalah anda perlu mengecek kondisi sepatu. Periksalah sepatu roda anda sebelum memakainya. Hal ini ditujukan untuk memastikan keselamatan dan kenyamanan anda saata bermain sepatu roda.

Anda perlu memastikan roda sepatu tidak aus. Bodi sepatu pun masih dalam keadaan kompak. Jangan lupa untuk memakai kaus kaki agar kaki tidak lecet. Hal penting lainnya, pakailah sepatu roda dengan cara duduk. Cara ini bertujuan agar anda memakai sepatu dengan mudah dan mencegah anda jatuh ketika memakainya.

Dan demikian itu adalah beberapa tips yang patut anda perhatikan ketika hendak memilih sepatu roda. Membeli sepatu roda itu ada caranya. Dan agar tidak salah memilih, tips di atas sangatlah berguna. Semoga dengan tips tersebut di atas, anda akan menjadi lebih mudah dalam menemukan sepatu roda yang tepat. Tidak hanya tepat dalam ukuran, tetapi juga tepat dalam fungsi dan tujuannya.